Kamis, 01 Maret 2012

KELAP-KELIP STORY


Teater adalah cabang seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran yang menggabungkan unsur gerak tubuh, mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain. Belakangan ini Seni Teater bukan hal tabu bagi masyarakat lokal baik secara istilah maupun penyajiannya. Berbagai kalangan mulai dari lapisan bawah sampai atas tak sedikit dari mereka menikmati dan mengakui keberadaan teater.
Menilik perkembangan yang terjadi, Teater “KELAP-KELIP” Universitas Wisnuwardhana Malang turut ambil sikap mengisi perjalanan teater lokal. Langkah kongkrit ini setidaknya bermaksud menyumbangkan motifasi penting bagi dunia perteateran tentunya.
Teater Kelap Kelip sebenanrnya telah ada sejak lama di Univ. Wisnuwardhana ini, hanya saja karena mengalami kevakuman dalam organisasinya, sehingga dalam beberapa tahun terakhir ini, tidak ada lagi pertunjukan teater yang disuguhkan oleh Kelap Kelip. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 16 Juni 2011 dengan dihadiri oleh Tim Kemahasiswaan dan Mahasiswa Univ. Wisnuwardhana Malang, maka UKM Teater diaktifkan kembali dengan nama yang tetap yakni “UKM Teater Kelap Kelip”. Maksud dan tujuan dari diaktifkannya kembali UKM ini adalah salah satunya dengan adanya UKM ini, maka diharapkan UKM ini bisa menjadi wadah kreatifitas mahasiswa dalam bnidang seni, khususnya dalam bidang seni teater.
Dalam perjalananya, Kelap Kelip memiliki Visi: Menjadi UKM yang mampu mengkaji dan mengembangkan kreatifitas seni para mahasiswa terutama dalam seni teater, serta dapat melestarikan budaya Bangsa Indonesia yang kian terlupakan di era globalisasi. Sedangkan misinya: Menumbuhkan kepercayaan diri dan membangun pembentukan karakter melalui gerak dan suara dalam teater; Meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang seni sehingga dapat turut berperan aktif dalam pelestarian budaya bangsa Indonesia yang kian memudar; Mempererat kebersamaan secara internal maupun eksternal dengan berdasar pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika.
Sebagai wujud eksistensi UKM Teater Kelap Kelip maka pada tanggal 19 November 2011 Kelap Kelip menyelenggarakan penampilan perdana sekaligus sebagai ajang promosi perekrutan anggota baru yang bertemakan “Kelap Kelip Kembali Gemerlap” dengan menyuguhkan seni drama berjudul “ Dilema sang Naya” yang mana menceritakan tentang kehidupan kampus yang mudah dipengaruhi oleh berbagai gemerlap dunia yang sesat, contohnya bahaya narkoba dan premanisme. Hal ini merupakan salah satu tujuan sekunder dari pertunjukan seni teater, yaitu mengingatkan kepada penonton agar selalu waspada terhadap hal-hal yang dapat merusak moral generasi penerus bangsa.
                 Sukses dengan penampilan yang petama, maka pada tanggal 31 Desember 2011, Kelap Kelip meyelenggarakan acara pentas dengan tema “Menyambut Tahun Baru 2012” dengan menyuguhkan pertunjukan drama yang berjudul “Ande-Ande Lumut Kejeglong Cinta” yang mana pemainnya terdiri dari Anggota teater Kelap Kelip, staff  Univ. Wisnuwardhana, dan Tim kemahasiswaan Univ. Wisnuwardhana Malang. Pertunjukan ini juga dimeriahkan oleh Perwakilan dari UKM- UKM yang ada di Univ. Wisnuwardhana Malang.
                 Sebagai UKM yang terbilang baru aktif, UKM ini telah memiliki program kerja lain yang akan disuguhkan, antara lain latihan rutin tiap minggunya, gelar pertunjukan rutin tiap 4 bulan sekali lingkup regional, Lomba dalam bidang seni antar SMA/SMK/sederajat, serta Workshop dalam bidang seni.
Dengan demikian, UKM Teater Kelap Kelip dengan bantuan dari berbagai pihak antara lain Rektorat dan Kemahasiswaan Univ. Wisnuwardhana Malang, UKM-UKM yang ada di Univ. Wisnuwardhana Malang,seluruh mahasiswa berserta staff serta UKM Teater dari beberapa Universitas yang ada di Malang Raya telah mampu mengangkat ekskistensi seni khususnya dalam bidang teater yang turut membangun karakter bangsa yang berbudi luhur melalui pesan moral yang disampaikan dalam gerak, mimik, maupun bahasa melalui pertunjukan seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar